Kamis, 06 Februari 2014

Rancangan Ujian Praktik IPA 2014

Warunggunung, 6 Februari 2014

Bu Ayu, Pa Zay dan Pa Hasan
Bertempat di SMP Negeri 1 Warunggunung, MGMP IPA SMP Wilayah Bina 5 Kabupaten Lebak dilaksanakan. Kegiatan ini dihadiri oleh 22 guru yang ada di wilayah kecamatan Warunggunung, Cikulur dan Cileles. Setelah beramah tamah selama 30 menit , tepat jam 8.30 acara dimulai, pembawa acara sekaligus sekertaris (Bapak Hasanudin) 
Peserta MGMP IPA
mengawali dengan memberikan pengantar mengenai kegiatan MGMP pada hari ini yaitu menyusun dan mensimulasikan untuk persiapan Ujian Praktik IPA 2014. Dilanjutkan dengan laporan kegiatan dari ketua MGMP (Bapak M Hazairin) pada pertemuan terdahulu untuk mengingatkan sekaligus komitmen bersama memajukan MGMP secara mandiri dan laporan pengajuan proposal Block Grant walaupun tidak lolos serta mewakili bendahara (Ibu Sri Astuti W, yang berhalangan karena bentrok dengan kegiatan di KPU RI) melaporkan kondisi keuangan terkini.  Terakhir sambutan dari tuan rumah sekaligus guru yang kami tuakan dalam MGMP (Ibu Masayu Fauziah) dan mewakili kepala sekolah,  Beliau mengingatkan kami MGMP IPA untuk profesional dan madiri.

Rancangan Desain
Acara inti dimulai dengan presentasi salah contoh kegiatan ujian praktik yaitu mengukur massa jenis dan tenggelam, melayang, terapung.  Hal tersebut untuk memberikan gambaran dalam penyusunan rancangan Ujian Praktik nantinya. Dilanjutkan dengan menuliskan rencana-rencana materi UP untuk dirancang sekaligus disimulasikan.  
Rangkaian Seri-Paralel
Simulasi pada kegiatan ini antara lain rangkaian pada hambatan yang disusun secara seri dan paralel, membuat magnet yang dialiri arus listrik, menghitung banyaknya bayangan yang terjadi pada dua cermin datar pada sudut tertentu, menyebutkan organ dan tulang pada torso, mengklasifikasikan tumbuhan monokotil dan dikotil
Simulasi Dua Cermin Datar
Simulasi dengan Torso
Diakhir kegiatan, menyimpulkan kegiatan pada hari ini dan rencana kegiatan mendatang yaitu Penyusunan soal UJIAN SEKOLAH pada hari Kamis, 27 Februari Jam 08.00 s.d selesai bertempat di SMP Negeri 1 Warunggunung.

Terima kasih

Hasil Rancangan dapat di download disini (format pdf)
     Grup Facebook : mgmpipawilbilima
     Email : mgmpipawilbi5lebakbanten@gmail.com
     Telp : 088801201364

0 komentar:

MGMP IPA Wilayah Bina V Lebak Banten Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger